Emirar Artikel 8 Cara menutup paksa program atau aplikasi di Linux
Emirar https://www.emirar.com/2019/11/menutup-paksa-program-aplikasi-linux.html

8 Cara menutup paksa program atau aplikasi di Linux

Kill Linux
Merasa kesal ketika program atau aplikasi yang sedang kamu jalankan di Linux tiba-tiba tidak merespons dan berakibat macet, tidak bisa ditutup atau bahkan terasa berat sekali untuk dirasakan? Ya sama dengan yang aku rasakan, sungguh menyiksa! Damn 😩

Mengapa hal ini bisa terjadi kepadaku, kepadamu, semuanya yang merasakan hal serupa? Analisa saya sih ini akan terjadi jika kamu menjalankan terlalu banyak program. Sisa ruang untuk menyimpan program yang sedang berjalan menjadi penuh dan akhirnya sistem menjadi susah untuk bergerak dan berakibat program tidak merespons.

Kalau kualitas hardware jelas sangat berpengaruh. Meskipun dengan kualitas hardware yang bagus saya pikir hal tersebut saya tetap terjadi, ya karena mungkin saja program atau aplikasi itu memiliki bug, masih beta, masih dikembangkan (belum stabil), atau bahkan tidak terlalu mendukung untuk berjalan di distro yang kamu gunakan.

Yang jelas segala kemungkinan bisa terjadi, oleh karena itu jalan terakhir yaitu dengan cara memaksa menutup, mengeluarkan, menghentikan, membunuh, kill program atau aplikasi tersebut. Nah berikut di bawah ini 8 cara menutup paksa program atau aplikasi di Linux. Beberapa cara ada yang menggunakan terminal ada juga yang menggunakan GUI. 😁

Dengan mengklik tombol “X”

Screenshot tombol "X"
Kamu boleh mencoba menggunakan cara sederhana ini dengan mengklik tombol X di sudut atas (kiri atau kanan, tergantung distro atau window manager yang kamu gunakan). Setelah klik tombol tersebut mungkin kamu akan melihat kotak dialog, meminta kamu untuk mengunggu atau menghentikan dengan paksa untuk mengakhirinya sekarang.

Jika semua berjalan sesuai rencana, beberapa distro akan meminta kamu untuk mengirim laporan kesalahan.

Menggunakan Task Manager atau System Monitor

Screenshot Task Manager
Gunakan cara ini sebagai alternatif cara pertama di atas. Namun program ini tidak sama semua namanya, namanya ada yang Task Manager ada juga yang System Monitor. Akan tetapi saya pikir fiturnya sama saja. Pasti ada kemiripan seperti screenshot di atas.

Nah untuk menutup paksa program atau aplikasinya yaitu dengan cara mengarahkan cursor pada program yang ingin kamu tutup dan klik kanan pada mouse kemudian memilih Kill atau umumnya Kill Process.

Menggunakan perintah “kill”

Gunakan cara ini jika program atau aplikasi dengan GUI tersebut tidak merespons. Jalankan terminal dengan cara tekan Ctrl+Alt+T pada keyboard.

Perintah kill dapat digunakan jika ada ID proses. Anda dapat menemukannya dengan menjalankan perintah di bawah ini:
ps -aef | grep [process name]
Hasilnya akan menampilkan ID proses. Ini kemudian dapat digunakan sebagai berikut:
kill [process ID]
Jangan lupa jika program tersebut dijalankan secara root maka tambahkan sudo di awal perintah.

Screenshot "kill"

Menggunakan “pgrep” dan “pkill”

bagaimana jika kamu tidak tahu atau tidak menemukan ID proses? Nah di sini perintah pkill dapat digunakan bersama dengan nama proses:
pkill [process name]
Atau, alternatifnya dapat menggunakan perintah pgrep untuk menemukan ID proses:
pgrep [process name]
Dan gunakan pkill dengan ID proses:
pkill [process ID]
Screenshot "pgrep" dan "pkill"

Menggunakan perintah “killall”

Tidak bekerja sesuai dengan keinginan saat menggunakan kill atau pkill di atas? Saatnya menggunakan killall.

Perintah killall akan mengakhiri semua dari program yang ditentukan. Jadi, contohnya saya ingin menggunakannya pada chromium, nah perintah berikut akan mengakhiri semuanya:
killall chromium
Perhatikan, ganti chromium dengan nama proses yang ingin kamu akhiri penderitaannya!

Menggunakan “xkill” (Linux Desktop)

Dari semua cara di atas opsi lain yang dapat kamu gunakan yaitu menggunakan xkill. Jalankan xkill hanya dengan mengetik:
xkill
Pointer mouse kamu kemudian akan menampilkan tanda silang (atau tengkorak). Arahkan cursor tersebut pada aplikasi yang ingin kamu akhiri dan kemudian klik kiri pada mouse kamu.

Cara ini akan berkerja jika kamu menggunakan Linux Desktop. Jika kamu tidak menemukan program xkill tersebut atau belum menginstall paket tersebut maka install terlebih dahulu:

Arch Linux

pacman -S xorg-xkill

Ubuntu/Mint

apt-get install xorg-xkill

Fedora

yum install xorg-xkill
Paket xkill sudah ada dibeberapa distro yang menggunakan Xorg (X11) - X Window System.

Menggunakan program “htop”

Screenshot “htop”
Cara ini hanya bekerja jika kamu sudah menginstall paket htop. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya mengetikan htop dan enter, kemudian arahkan ke program yang ingin kamu tutup, setelah itu tekan F9 pada keyboard.

Membuat keyboard atau panel shortcut (Bonus)

Bonus dari saya, supaya lebih cepat untuk menutup paksa program atau aplikasi tersebut maka buatlah shortcut xkill. Cara ini akan mempercepat waktu yang kamu habiskan hanya untuk menutup paksa program atau aplikasi tersebut. 😋

Keyboard shortcut

Cara membuatnya seperti biasa, buka Settings > Keyboard dan pilih Custom/Add Shortcuts.

Screenshot keyboard shortcut

Panel shortcut

Cara membuat panel shortcut tersebut sama seperti di atas, karena pada masing-masing distro atau desktop environment berbeda beda maka usahakan sendiri. Lihat contoh punya saya di bawah ini:

Screenshot panel shortcut (xfce panel)
Ini saya terapkan di xfce panel.

Kesimpulan

Semua cara menutup paksa program atau aplikasi tersebut di atas adalah yang terbaik dan bekerja. Silahkan pilih sesuai yang kamu suka. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.
Memuat...

Suka postingan ini? Bagikan ini!

Tentang penulis
Blogger and Front-End Developer. I'm Linux user, especially Arch Linux.
Reaksi:

Pertimbangkan untuk mendukung kami:

Jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, mohon pertimbangkan untuk mendukung kami. Anda dapat memilih banyak opsi untuk mendukung kami dengan cara donasi, diantaranya menggunakan Bank, Crypto dan lain sebagainnya. Terima kasih.

Donate

Berlangganan artikel terbaru kami